Rafael Nadal Umumkan Pensiun

Bagikan

Dunia tenis sebentar lagi tidak akan melihat lagi aksiĀ Rafael Nadal. Ya, petenis asal Spanyol itu memutuskan untuk pensiun di usianya yang ke-38.

Rafael Nadal Umumkan Pensiun
Rafael Nadal.

 

Terkenal Sebagai Raja Lapangan Tanah Liat

Keputusan pensiun tersebut dikabarkan Nadal melalui akun X (dulunya Twitter) pribadinya. “Ini adalah sebuah keputusan yang sulit, keputusan yang membutuhkan waktu lama bagi saya. Namun, dalam hidup ini, segala sesuatu memiliki awal dan akhir. Saya pikir ini adalah saat yang tepat untuk mengakhiri karir yang panjang dan jauh lebih sukses dari yang pernah saya bayangkan,” ujar Nadal dalam video pengumuman tersebut, yang telah disebarkan ke banyak platform media sosial lainnya.

“Saya merasa beruntung bisa bertahan lama di sini. Kepada semua yang berada di industri tenis, saya ingin berterima kasih kepada kalian semua. Saya akan selalu mengenang kalian,” tambah Nadal.

Nadal sendiri bukan nama sembarangan dalam dunia tenis. Dia sudah memenangkan sebanyak 22 gelar Grand Slam sepanjang 20 tahun karirnya. Jumlah tersebut membuatnya menjadi pemain tunggal laki-laki dengan gelar Grand Slam terbanyak kedua, hanya kalah dari Novak Djokovic yang mengoleksi 24 gelar Grand Slam. Rincian dari 22 gelar Grand Slam tersebut adalah dua gelar Wimbledon, masing-masing empat gelar Australia Terbuka dan AS Terbuka, serta tentunya yang paling bersejarah adalah 14 gelar Prancis Terbuka.

Nadal memang terkenal sebagai Raja Lapangan Tanah Liat. Di Prancis Terbuka, yang menggunakan lapangan tanah liat, Nadal tampil sangat fenomenal. Dari 116 laga Prancis Terbuka yang diikutinya di Roland Garros, Nadal hanya kalah sebanyak empat kali. Hanya Robin Soderling pada Ronde Keempat tahun 2009, Novak Djokovic pada Perempat-Final tahun 2015 dan Semi-Final tahun 2021, serta Alexander Zverev pada Ronde Pertama tahun 2024 yang mampu mengalahkan Nadal di Roland Garros dalam rentang waktu 19 tahun semenjak mengikuti (dan memenangkan) Prancis Terbuka dari tahun 2005.

Akan Menjalani Satu Turnamen Terakhir

Walau begitu, Nadal masih akan menjalani satu turnamen terakhir di tahun ini. Turnamen yang dimaksud adalah Final Piala Davis 2024 yang akan digelar November mendatang. Kebetulan, Final tersebut akan dilangsungkan di Malaga, Spanyol, yang berarti Nadal akan bermain di negara kelahirannya.

Rafael Nadal Umumkan Pensiun
Rafael Nadal ketika bertanding di Piala Davis 2004.

 

“Saya sangat bersemangat karena turnamen terakhir saya adalah laga Final Piala Davis dan mewakili negara saya. Saya rasa cukup tepat jika Piala Davis menjadi akhir perjalanan saya. Ini karena salah satu kebahagiaan pertama saya sebagai pemain tenis profesional adalah ketika menjadi Juara Piala Davis tahun 2004 di Sevilla.” pungkas Nadal.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.